Monday, March 16, 2015

6 things I like about Korea- part 1


Hi, I'm Jiyoung. It's still cold in the morning and night, but I can feel spring is just around the corner. Today, I'd like to write about things I like about Korea...which make my life a lot more convenient. 
Hai, saya Jiyoung. Masih tetap dingin di pagi dan malam hari di sini, tapi saya bisa merasakan musim semi sudah semakin dekat. Saya ingin menuliskan beberapa hal yang saya suka tentang Korea...yang membuat hidup saya semakin nyaman.
  

1.     Fast internet access available almost everywhere
Akses internet cepat hampir di semua tempat

Today morning, I saw a news article that Korea’s internet speed is about 5.6 times faster than the international average. That’s true! Whenever I travel in other countries, I always moan about the slow internet speed as I am spoiled with the fast and convenient internet experience in my home country. In Korea, it usually takes less than a second to open a webpage. Downloading is fast and you can even use free wifi in subway trains. But the free subway wifi is sometimes slow and the connection might be unstable. Yet it’s a great advantage that you can use free internet on the go while you are going to work or home. Also, most of coffee shops offer free wifi access as well. So it is no exaggeration that Korea is one of the most wired countries in the world.
Pagi ini saya membaca sebuah artikel yang menyatakan bahwa kecepatan internet di Kore 5.6 kali lebig cepat daripada rata-rata kecepatan interney internasional. Itu betul! Ketika saya bepergian di negara-negara lain, saya selalu mengeluh tetang lambatnya akses internet karena saya sudah terbiasa dimanjakan dengan cepatnya akses internet di kampung halaman. Di Korea untuk membuka sebuah situs diperlukan waktu kurang dari 1 detik. Mengunduh sangatlah cepat dan Anda bisa menggunakan wifi gratos di kereta subway (bawah tanah). Tapi wifi gratis subway biasanya lambat dan koneksinya kadang tidak stabil. Tapi tetap saja ini adalah sebuah keuntungan karena kases internet gratis bisa didapat ketika Anda dalam perjalanan menuju ke tempat kerja atau ke rumah. Selain itu kedai kopi juga slealu dilengkapi dengan wifi gratis. Jadi tidaklah berlebihan jika Korea disebut sebagai salah satu negara dengan banyak koneksi kabel di dunia.

Free wifi in the subway train
wifi gratis di kereta bawah tanah

People using smartphones in the subway (image from http://phys.org/news)
Orang-orang menggunakan telepon pintar di kereta bawah tanah

2.     Convenient online shopping and 1-day delivery service
Belanja online yang nyaman dan pengiriman 1 hari

As fast and easy internet access is available everywhere, online shopping is very common in Korea. Especially, I often buy clothes online because they are far more expensive at the department stores. Of course the design, quality of the fabric, and details are different. But given the fast-changing fashion world, it might be a good idea to buy clothes online instead of investing half of your monthly wage into a coat or jacket.
Semudah dan secepat akses internet yang tersedia di mana-mana, berbelanja secara online juga hal yang sangat lumrah di Korea. Saya khususnya sangat suka membeli baju secara online karena harganya jauh lebih murah daripada yang dijual di department store. Tentu saja desain, kualitas kain, dan detilnya berbeda. Tetapi dengan perubahan mode di dunia fashion, menurut saya membeli baju online jauh lebih baik daripada menghamburkan separo gaji untuk sebuah mantel atau jaket.

On top of clothes, you can order anything online in Korea-bottled water, fruits, electronic devices, large home appliances like fridge, toys, furniture, books….just name it! You can find everything on the internet. The largest shopping malls in Korea include 11st, Auction, and Gmarket. Auction and Gmarket were acquired by ebay. Interestingly, 11st is run by a telecom carrier. I always use big shopping malls because sometimes it is not easy or take longer to get a refund or get what you ordered at small online stores.
Selain pakaian, Anda bisa memesan apa saja secara online di Korea, mulai dari minuman botol, buah-buahan, peralatan elektronik, perlengkapan rumah tangga ukuran besar seperti kulkas, mainan, furnitur, buku, apa saja tinggal sebutkan. Semua bisa Anda temukan di internet. Mall terbesar di Korea adalag 11st, Auction, dan Gmarket. Auction dan Gmarket diakusisi oleh ebay. Menariknya, 11st dijalankan oleh provider telekomunikasi. Saya selalu menggunakan shopping mall online besar karena terkadang di toko-toko online kecil membutuhkan waktu pengiriman yang lebih lama dan terkadang jaminan uang kembalinya memakan waktu yang lumayan lama. 



Also, most of the online shopping mall orders are delivered to you in less than 3 days and many offers overnight delivery. If you order a book today, you can get it tomorrow. Or, you can pick it up at a nearby convenience store you choose on that day or the following day. Isn't it amazing?
Oh ya, kebanyakan shopping mall bisa mengirimkan barang langsung ke rumah Anda dalam waktu kurang dari 3 hari dan banyak juga pengiriman dalam semalam. Jika Anda memesan buku hari ini maka besok buku sudah sampai. Atau Anda bisa mengambil pesanan langsung ke toko serba ada yang Anda pilih pada hari itu juga atau keesokan harinya. Luar biasa bukan?

Courier service available at convenience store
Jasa kurir yang tersedia di toko serba ada

3.     Ubiquitous plastic payment
Pembayaran dengan kartu plastik di manapun Anda berada

Payments are quite plastic in Korea. Credit card is accepted everywhere and you can buy even $2- candy with your credit card without being frowned. A research in 2014 showed that more than 5 out of 10 Koreans used their credit cards when purchasing goods. Moreover, most credit card companies offer SMS service that informs the users of their use of credit card every time a payment is made.
Pembayaran umumnya dilakukan dengan kartu (plastik) di Korea. Kartu kredit bisa diterima di mana saja dan Anda bahkan bisa membeli permen hanya seharga $2 dengan kartu kredit Anda tanpa biaya tambahan. Sebiah riset yang dilakukan tahun 2014 menunjukkan bahwa lebih dari 5 orang dari total 10 orang menggunakan kartu kredit mereka ketika membeli barang. Lebih lanjut, perusahaan kartu kredit juga menyediakan layanan SMS ylangsung ke telepon nasabah yang menginformasikan nasabah ketika pembayaran diakukan.

You can pay your cell phone bill, utilities fees, national pension and health insurance fees with credit card. The government is considering permitting use of credit card for payment of fines. But if you go to traditional, open-air markets like Namdamun Market, stores are more likely to refuse credit card. Also, street peddlers don’t take credit card. Some stores may charge higher when customers want to pay with credit card, saying it’s because of the commission they have to pay to the credit card companies.
Dengan kartu kredit semua bisa dibayarkan, tagihan telepon, tagihan bulanan. iuran pensiun, asuransi kesehatan, dan lainnya. Pemerintah sedang mempertimbangkan penggunaan kartu kredit untuk pembayaran denda. Tetapi jika Anda pergi ke pasar tradisional - yang tidak beratap seperti di Pasar Namdamun, maka toko-toko di sana kebanyakan menolak kartu kredit. Pedagang keliling juga tidak menerima kartu kredit. Ada pula beberapa toko penerima kartu kredit yang mengenakan biaya tambahan ketika pembeli ingin membayar dengan kartu kredit dengan alasan penjual ini membutuhkan biaya tambahan yang dibayarkan pada perusahaan kartu kredit.

But overall, credit card is very widely used and accepted in Korea. So don’t worry about using your credit card in the country. :)
Secara keseluruhan, kartu kredit sangat umum digunakan dan diterima di Korea. Jadi jangan khawatir jika Anda ingin menggunakan kartu kredit di negara saya.

The post became kind of lengthy, so I separated this post into two. The rest 3 things 
will be covered in the following post. You can look forward to my next post!
Postingan ini jadi cukup panjang, jadi saya akan memisahkan posting sata menjadi 2. 3 hal lainnya yang saya suka tentang Korea akan saya ulas dalam posting selanjutnya. Cek postingan saya selanjutnya ya?

No comments:

Post a Comment