Friday, March 6, 2015

Winter in Korea- Freezing but fascinating - Musim Dingin di Korea, SUper Dingin Tapi Tetap Seru

Korean winter is freezing cold. It depends on areas, but the temperature in the northern part of Korea often goes down below -20 degrees. I live in Seoul, the middle part of the country, and the temperature in the city stays between 5 to minus 15 degrees during the winter season. If the temperature is above zero in winter, people say ‘It is NOT so cold today!’ 
Musim dingin di Korea sangat dingin. Tiap area tidak sama dinginnta, tapi temperatur di Korea bagian utara bisa mencapai sampai -20 derajat. Saya tinggal di Seoul, di bagian tengah Korea, dan temperatur di kota stabil di suhu 5 sampai -15 derajat selama musim dingin. Jika di musim dingin suhu di atas nol derajat, orang-orang biasanya bilang,"Cuacanya TIDAK terlalu dingin"


I can't walk!!! OMG


Then how Koreans endure this cold? First, we have very unique house-heating system called Ondol. It is a floor-based heating system which heavily affected the lifestyle of Koreans. As the floor is warm with heat from the ondol system, Koreans like to sit and lie on the floor. In the past, we used to have a small furnace in every house which was called Agungyi (아궁이) and it worked as in the following picture. 
Lalu bagaimana orang Korea bisa bertahan di cuaca yang sangat dingin ini? Pertama, kami punya sistem pemanas rumah yang unik yang disebut Ondol. Ini adalah sistem pemanas lantai yang banyak mempengaruhi gaya hidup orang Korea. Orang Korea suka duduk dan berbaring di lantai, karena itu lantai yang dipanaskan dengan sistem pemanas ini. Dulu orang Korea memakai perapian yang disebut Agungyi (아궁이 )yang cara kerjanya seperti di gambar ini.

Traditional ondol system (image from http://blog.korea.net/)
Sistem tradisional Ondol


Then what about the snow? Of course kids love snow, doing snow fight and making snowman. But for some grown-ups it means nothing more than a nightmare of slippery roads and heavy traffic jam!
Lalu bagaimana dengan salju? Tentu saja anak-anak suka salju, mereka main lepmar salju dan juga membuat boneka salju. Tapi bagi orang dewasa salju tidak lain hanyalah mimpi buruk, jalanan licin, dan juga kemacetan parah!

The playground in my apartment covered with snow
Taman bermain di apartemen saya yang tertutup salju

Me walking on the snowy street in my neighborhood
Saya berjalan di jalanan bersalju di lingkungan rumah

So many Koreans use special gears on snowy days, such as ‘winter tires’ and ‘snow chains.’ And you can find sand boxes on some streets which have sand (or calcium chloride) inside so that people can scatter it on streets slippery from snow and ice.
Banyak orang Korea menggunakan gigi roda khusus untuk musim salju, seperti ban salju dan rantai salju. Dan di pinggir jalan akan ada banyak sekali kotak berisi pasir (kalsium klorida) di dalamnya sehingga orang-orang bisa menaburkan pasir ini ke jalan-jalan yang licin karena salju dan es.

snow chain (image from Wikipedia)
rantai salju (gambar dari Wikipedia)

But still, I love the winter season of my country. Mountains are especially beautiful when they are covered with snow. The white hills and trees create a magnificent view, like a wonderland in fairly tales.
Tapi, tetap saja, say asuka musim dingin di negara saya. Gunung-gunung tertutup salju sangat cantik dipandang. Bukit dan pepohonan tertitup salju putih menghasilkan pemandangan yang luar biasa indahnya, seperti wonderland di dongeng-dongeng.  

Mountain Seorak

Mountain Seorak 

Winter is also a season of romance. Trees on the streets are decorated with hundreds of lights and large shopping malls and high-rise buildings are covered with special Christmas or Seasons of Greeting decoration. The blinking rights on the buildings brighten up the cold cityscape, making the city colorful and romantic.
Musim dingin juga merupakan musim penuh cinta. Pepohonan di jalan raya dihiasi ratusan lampu-lampu dan banyak pusat perbelanjaan serta gedung-gedung tinggi dihiasi oleh dekorasi Natal. Lampu-lampu di gedung-gedung yang berkelap-kelip menambah keindahan gedung-gedung pencakar langit yang dingin membeku menjadikan suasana lebih hangat, berwarna dan juga lebih romantis.


Galleria department store in Seoul
Department store Galleria di Seoul

Seoul streets
Jalanan di Seoul

On Christmas, young lovers exchanges gifts and spend very special time. So if you are planning a date of Christmas Eve or Christmas, you have to make a reservation long before the day…especially if you have some fancy places in mind!
Saat Natal, pasangan muda mudi saling bertukar kado dan menghabiskan saat spesial bersama. Jadi jika kamu berencana untuk berkencan di malam Natal atau di hari Natal, kamu harus melakukan reservasi alias pemesanan tempat jauh hari sebelum harinya, khususnya jika sudah ada rencana mengunjungi tempat mewah yang specsial!

Overall, despite the bitter cold, I think it’s worth visiting Korea in winter. And you know what? You can enjoy some Bungeoppang too!
Kesimpulannya, selain cuaca dingin yang luar biasa itu, saya rasa mengunjungi Korea di musim dingin adalah hal yang tidak bisa dilewatkan. Dan tahukah kamu? Kamu juga bisa menikmati Bungeoppang juga


No comments:

Post a Comment